Air Asia Mulai Terbang Lagi ke Aceh, Ini Harga Tiket nya.

Jumat, 20 Mei 2022 10:39

Total berita dikunjungi: 28

Air Asia Mulai Terbang Lagi ke Aceh, Ini Harga Tiket nya. Pesawat Air Asia saat di bandara Sultan Iskandar . Foto Dishub Aceh

BANDA ACEH - Maskapai AirAsia mengumumkan rencana pembukaan rute penerbangan Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM/BTJ) ke Bandara Kualanamu (MDN/KNO),Sumatera Utara atau pulang-pergi (PP), yang akan beroperasi mulai 3 Juni 2022.

Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Teuku Faisal menyebutkan, pembukaan rute baru ini merupakan tidak lanjut pihak AirAsia terhadap surat Gubernur Aceh tanggal 14 April yang berisi permohonan agar rute Banda Aceh Medan dilayani kembali.

Alhamdulillah, pihak AirAsia merespon dengan cukup baik permintaan pembukaan rute penerbangan ke Aceh melalui surat Gubernur Aceh terkait pelayanan kembali rute Banda Aceh  Medan, kata Faisal dinukil dari laman resmi Dishub Aceh, Jumat, 20 Mei 2022.

Dengan pembukaan rute oleh AirAsia ini, kata Faisal, akan memberi pilihan masyarakat Aceh dalam menikmati pelayanan transportasi udara, baik dari sisi jadwal maupun tipe pesawat.

Kini penerbangan melalui Bandara SIM telah tersedia berbagai pilihan alternatif bagi masyarakat, semoga ini menjadi awal yang baik, sebutnya.

Faisal juga menyebutkan, pembukaan rute AirAsia ini diharapkan akan menjadi pendorong masuknya berbagai investasi di Aceh.

Kemudahan perjalanan via udara ke Aceh merupakan faktor yang sangat dipertimbangkan oleh para pelaku usaha maupun investor yang ingin berbisnis di Aceh.

Sejalan dengan hal tersebut, Faisal membeberkan bahwa selain mengangkut penumpang, bisnis jasa pengiriman kargo di Aceh selama ini meningkat pesat.

Data dari PT Angkasa Pura II Bandara SIM, pada tahun 2019 jumlah pengiriman kargo mencapai 1,1 juta kg. Angka tersebut terus merangkak naik mencapai 52 persen menjadi 7 juta kg pada tahun 2022.

Lonjakan bisnis jasa pengiriman kargo via udara memang awalnya dipicu oleh pandemi, namun ketergantungan masyarakat terhadap layanan ekpedisi (kargo) diperkirakan akan terus berada dalam tren positif mengingat belanja online kian marak dan mudah, sebutnya.

Sesuai penjelasan pihak AirAsia, Faisal menyampaikan bahwa untuk tahap awal AirAsia akan melayani rute Banda Aceh Kualanamu tiga kali seminggu, setiap hari Selasa, Jumat dan Minggu dengan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang.

Pembukaan rute ini disebut sejalan dengan rencana pengembangan operasional AirAsia untuk rute domestik, sekaligus untuk meningkatkan utilitas pesawat yang berada di pusat operasi (hub) Kualanamu agar lebih optimal.

Pihak AirAsia juga mengatakan, tidak menutup kemungkinan mereka akan menambah frekuensi atau mengoperasikan rute lainnya sesuai dengan permintaan masyarakat di Aceh nantinya, pungkasnya.

Harga tiket sejutaan

Berdasarkan hasil penelusuran Bandaacehjournals di laman airasia.com pada Jumat dini hari, 20 Mei 2022, tercantum harga tiket penerbangan Banda Aceh-Medan pada 3 Juni mendatang senilai Rp 1.001.960. Untuk jarak tempuhnya memakan waktu sekitar 1 jam 10 menit.

Sedangkan via aplikasi Traveloka ketika dicek di waktu yang sama, harga tiket BTJ-KNO menggunakan maskapai Wing Air (Lion Group) Rp 937.500, dengan lama penerbangan 1 jam 20 menit.