Arief Khalifah Minta Pemko Akselerasi Pembahasan Zonasi PKL

Rabu, 11 November 2020 23:14

Total berita dikunjungi: 117

Arief Khalifah Minta Pemko Akselerasi Pembahasan Zonasi PKL Ketua Komisi 3 DPRK Banda Aceh Teuku Arief Klalifah, ST

Banda Aceh - Ketua Komisi 3 DPRK Banda Aceh, Teuku Arief Khalifah, meminta pemerintah Kota Banda Aceh melalui Diskopukmdag untuk mempercepat pembahasan Zonasi bagi pedagang kaki lima. Menurut Arief, Pembahasan Zona untuk pedagang Kaki Lima tersebut merupakan langkah yang akan memperjelas ruang-ruang bagi pelaku ekonomi.

Arief menilai dengan tumbuh pesat nya pedagang Kaki lima di Kota Banda Aceh memerlukan sistem yang dapat mengakomodir pedagang dan pada saat bersamaan juga dapat meningkatkan pelayanan bagi pengguna jalan. 

Zonasi itu akan memudahkan Pemerintah dalam mengelola PKL, jadi bisa di tentukan di area mana pedagang bisa berjualan dan di area mana saja yang tidak boleh. Bahkan bisa diatur jam berjualan sehingga tidak mengganggu pengguna jalan terutama di wilayah-wilayah padat aktifitas ujar Arief. 

Politisi Gerindra ini juga menyampaikan bahwa Zonasi ini juga akan memudahkan pemerintah dalam mengontrol ketertiban. 

"Sekarang kalau melihat penataan pedagang terutama yang berjualan di kaki lima masih  tanpa adanya pedoman dan tatanan yang terarah. Jadi bila sistem Zonasi ini dilaksanakan Pemerintah Kota akan lebih mudah melakukan kontrol karena sudah dikerahui mana Zona yang diperbolehkan untuk berdagang dan mana yang tidak diperbolehkan. Ini akan membantu pemerintah dalam menertibkan dan merapikan pedagang-pedagang kaki lima yang ada di wilayah Kota Banda Aceh " ucap Arief.

Arief juga menyampaikan bahwa sampai saat ini masih banyak Pedagang Kaki Lima yang belum terkoordinasi dengan baik sehingga mengganggu kenyamanan berlalu lintas. 

"Ini perlu dilakukan akselerasi pembahasan dalam penentuan Zonasi, rencana strategis harus segera dapat dituangkan dalam master plan. Saya mendorong agar pemerintah segera mengambil langkah-langkah agar pembahasan Zonasi ini dapat terus diupayakan berjalan. Saya harap pemerintah dapat terus mendorong Zonasi ini, walaupun terdapat kendala namun apabila direncanakan dengan baik maka ini akan dapat mengubah wajah Kota menjadi lebih baik jelasnya nya. 

Arief juga menyarankan SKPK terkait dapat merangkul Asosiasi Pedagang sebagai mitra kerja dalam melakukan penataan. "Saya harap penguatan koordinasi antara Dinas, UPTD Pasar, serta Asosiasi Pedagang  diperlukan untuk memastikan perencanaan serta penataan berjalan baik dan terarah. Kami juga tentunya akan terus mengawal serta memberikan saran dan masukan agar kedepan pemerintahan Kota Banda Aceh berjalan lebih baik sesuai dengan Visi dan Misi" tutupnya. (byy)