Kebersihan Kota Menjadi Daya Tarik Wisatawan

Sabtu, 15 Februari 2020 23:25

Total berita dikunjungi: 109

Kebersihan Kota Menjadi Daya Tarik Wisatawan Salah satu sudut taman di pusat Kota Banda Aceh. foto BAJ

Banda Aceh - Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman meminta masyarakat kota Banda Aceh membudayakan lingkungan yang bersih. Kota yang bersih akan memberikan kenyamanan bagi warganya dan tamu, seperti wisatawan.

Hal ini disampaikan Aminullah saat memberikan sambutan pada Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh, Kamis (13/2/2020).

Karenanya, tanggung jawab membersihkan lingkungan dan Kota Banda Aceh harus dilakukan secara bersama-sama.

Kebersihan kota kita ini menjadi tanggungjawab kita secara bersama. Tidak hanya menjadi tanggungjawab DLHK3 saja atau pasukan orange saja,” ujar Aminullah.

Sebagai kota wisata, lanjutnya, Banda Aceh harus terus menjaga kebersihan dan keindahan. Karena akan menjadi salah-satu daya tarik bagi wisatawan.

Ketika kota kita dipenuhi sampah, jorok dan bau tak sedap misalnya, maka wisatawan enggan datang karena mereka tidak nyaman, tambahnya.

Dalam kesempatan ini Aminullah mengungkapkan data kenaikan kunjungan wisata ke Kota Gemilang dari tahun ke tahun. Pada tahun 2017, kunjungan wisata hanya 288 ribu. Kemudian naik menjadi 380 ribu pada 2018 dan naik signifikan hingga 500 ribu lebih pada 2019 lalu.

Wali Kota kemudian meminta tren kenaikan ini harus dipertahankan dan semua pihak diminta dapat berkontribusi sesuai kapasitasnya masing-masing. Dan dia menilai kebersihan dan keindahan kota menjadi poin penting yang tidak dapat dipisahkan dari kemajuan sektor wisata itu sendiri.

Semoga kedepannya Banda Aceh terus menjadi Kota yang bersih dan terus terjaga kebersihannya agar para wisatawan terus senang berkunjung ke Banda Aceh. (byy)