Kunjungan Wisatawan ke Banda Aceh Mulai Berdenyut Lagi

Minggu, 22 November 2020 22:44

Total berita dikunjungi: 200

Kunjungan Wisatawan ke Banda Aceh Mulai Berdenyut Lagi Wisatawan saat berkunjung ke Mesjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh. Foto Saiful

Banda Aceh - Pandemi covid 19 yang masih melanda saat ini menyebabkan beberapa aktivitas ekonomi masyarakat terganggu, mulai dari sektor UKM, perdagangan, maupun aktivitas jasa, termasuk aktivitas kunjungan wisata ke Banda Aceh yang merupakan ibukota provinsi paling barat Indonesia ini. 

Jasa layanan wisata menjadi salah satu yang paling terkena imbas saat pandemi covid melanda Aceh dan Banda Aceh khusus nya. Tidak ada yang bisa dilakukan oleh pihak penyedia layanan wisata di Kota Banda Aceh ini, selain hanya berharap pandemi covid ini segera berakhir. 

Namun, keadaan itu sudah mulai berubah beberapa waktu terakhir ini. Karena covid 19 di Aceh sudah banyak terjadi penurunan, sehingga wisatawan Indonesia sudah mulai ingin berwisata kembali ke Aceh, termasuk ke Banda Aceh. 


Saiful, salah satu penyedia layanan wisata di Banda Aceh mengatakan bahwa seluruh pelaku wisata sangat terdampak akibat covid19 ini, mulai dari jasa transportasi wisata, perhotelan, rumah makan atau restaurant, usaha usaha souvenir, dan lain lain. 

"Saya sendiri sebagai tourist guide, delapan bulan pandemi hanya dapat job guiding 1 group tamu dari Palembang. Mereka pun  membawa bus langsung dari Palembang, ikut protokol kesehatan seperti saran Pemerintah. Dan Saya sebelum masuk bus disemprot desinfektan terlebih dahulu disekeliling badan", ucapnya. 

"Alhamdulillah mulai 1 bulan ini, sejak cuti bersama yang lumayan panjang, wisatawan domestic dari Medan, Jakarta, dan lain lain mulai datang walaupun dalam  jumlah yang kecil". Wisatawan asing terutama Malaysia yang biasanya tertinggi jumlah kunjungannya, malah sekarang nihil ".

Saiful juga berharap semoga covid 19 ini segera hilang, ibadah nyaman, berkerja aman, dan tentunya tamu tamu wiatawan bisa datang lagi ke Aceh dan ke Banda Aceh khususnya, baik dari lokal maupun mancanegara, tutupnya.(byy)