MPD Banda Aceh Saweu Dayah di Kota Banda Aceh.

Senin, 23 November 2020 22:04

Total berita dikunjungi: 263

MPD Banda Aceh Saweu  Dayah di Kota Banda Aceh. Anggota MPD Banda Aceh saat mengunjungi Dayah

Banda aceh - MPD Banda Aceh melakukan kegiatan kunjungan (saweu sikula) ke lembaga pendidikan dayah di kota Banda Aceh dalam rangka evaluasi proses pembelajaran selama masa covid-19. Kegiatan ini termasuk bagian dari kegiatan Saweu Sikula mulai tanggal 26 Oktober sampai dengan 6 November 2020.

Salah satu yang di kunjungi oleh MPD Banda Aceh yaitu Dayah Nidbammul Fata di kawasan Gampong Lamlagang Kota Banda Aceh, dan di sambut oleh Ustad Mustafa selaku perwakilan dari dayah. Di Dayah ini MPD Banda Aceh mendata berbagai informasi pembelajaran yang ada di Dayah selama masa covid ini, mulai dari persoalan santri yang pulang kampung karena covid, hingga persoalan pembelajaran lainnya. Namun begitu, di Dayah ini proses pembelajaran tetap di laksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.


Anggota MPD Banda Aceh Jalaluddin, S. Pd, M. Pd yang ikut dalam rombongan saweu sikula mengatakan bahwa melihat tata kelola dayah  yg saat ini melakukan proses pembelajaran secara langsung tidak begitu bermasalah, karena sudah memiliki sop  dengan baik mengenai protokol kesehatan dalam setiap kegiatan proses pembelajaran yang ada di  dayah. Pimpinan dayah juga merasa bahagia kita mau datang untuk melihat kondisi dayah karena mereka saat ini butuh masukan dari kita.

Menurut Dosen Universitas Serambi Mekah ini Jika dalam proses pembelajaran protokol kesehatan berlaku dengan baik dan sesuai dengan aturan ,sepertinya sudah bisa di lakukan pembelajaran tatap muka, kerena semuanya sudah berjalan dengan baik kecuali beberapa masyarakat yg masih kurang memahami sosialiasi yang di lakukan oleh pemerintah.

Namun begitu, keputusan proses pembelajaran nantinya ada di tangan Walikota  ataupun DPRK Banda Aceh, ia bersama anggota MPD lainnya hanya akan memberikan laporan kegiatan saweu sikula serta rekomendasi MPD dalam proses pembelajaran kedepan, tutupnya.

Salah satu perwakilan dari Dayah Nidbammul Fata, ustad Mustafa mengatakan pihak dayah sangat senang dan berterimakasih karena Majelis Pendidikan Dayah telah berkunjung dan bersilaturahmi ke Dayah Nidbammul Fata, serta mau menerima unek-unek dari kami, dan apa yang kami sampaikan ini mendapatkan berkah dari Allah Ta'ala.

Ustad Mustafa juga mengatakan bahwa selama masa pandemi covid19 ini dayah tempat ia mengajar memiliki sedikit kendala, dikarenakan para orang tua santri merasa was was serta ketakutan bila anaknya nanti terkena virus covid19, walaupun begitu proses belajar mengajar di dayah ini tetap berjalan normal, namun tetap menerapkan protokol kesehatan. Ia juga berharap, walaupun dalam masa pandemi ini anak anak di Banda Aceh, khususnya Gampong Lamlagang, dapat menuntut ilmu agama dan mengaji seperti biasa, karena menuntut ilmu agama adalah kewajiban kita orang muslim, ucapnya.


Selain mengunjungi Dayah Nidbammul Fata, MPD Banda Aceh juga mengunjungi Dayah Putri Liwaul Mukhlisin yang juga berada di Gampong Lamlagang Banda Aceh, Pimpinan Tgk Iskandar Ibnu Hibban. Di Dayah yang sudah berdiri sejak 1988 ini, MPD Banda Aceh tidak menemukan kendala yang sangat berarti selama pandemi covid ini. Dan santri santri di dayah ini tetap melakukan proses pembelajaran seperti biasa, namun tetap menerapkan protokol kesehatan. (byy)