MPD Kota Banda Aceh Adakan Kegiatan Saweu Sikula

Sabtu, 28 November 2020 23:20

Total berita dikunjungi: 163

MPD Kota Banda Aceh Adakan Kegiatan Saweu Sikula Ketua MPD Banda Aceh Drs. Salman Ishak, M. Si

Banda Aceh – Pandemi Covid-19 yang masih menyebar di seluruh daerah mengharuskan pemerintah mengambil langkah preventif dengan mengubah pembelajaran tatap muka menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Namun hal ini ternyata dinilai tidak efektif oleh beberapa instansi dan lembaga salah satunya Majelis Pendidikan Daerah (MPD).

Ketua MPD Kota Banda Aceh Drs. Salman Ishak, M.Si menyatakan bahwa pihaknya merasa bahwa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dinilai kurang efektif sebagai media pembelajaran bagi siswa. Namun demikian pilihan PJJ harus dilakukan karena ketentuan tersebut adalah ketentuan nasional dari gugus tugas covid.

“Pemerintah memang sangat gencar dalam menyikapinya dan melakukan berbagai kegiatan. Namun meski berbagai upaya sudah dilakukan, namun untuk hasil maksimal tidak bisa didapatkan. Oleh karenanya MPD melakukan kegiatan Saweu Sikula (mengunjungi sekolah),”kegiatan ini berlangsung dari tanggal 26 Oktober sampai dengan 6 November 2020, jelasnya.


Kegiatan Saweu Sikula ini berdasarkan rekomendasi orang tua yang menginginkan anak-anaknya untuk kembali ke sekolah dan melangsungkan pembelajaran tatap muka.
Mungkin dalam pelaksanaannya pihak sekolah menjumpai kekurangan dan hambatan, makanya dengan kegiatan Saweu Sikula kita dapat memberi saran sekaligus penghargaan bagi kepala sekolah dan guru yang sudah bersusah payah melakukan PJJ.

Kami dari pihak MPD sangat menghargai upaya dari Disdikbud Kota Banda Aceh yang terus melahirkan ide atau kiat dalam mengefektifkan PJJ. Namun kami melihat hasil capaiannya masih belum  seperti yang kita harapkan.

“kami menghimpun masukan dari masyarakat, lalu kita rekomendasikan ke Pemerintah baik itu Wali Kota, DPRK, ataupun Dinas,” ujar Salman.

Mungkin ada kekurangan mungkin ada hambatan atau. Inilah kenapa kita Saweu Sikula. Ketua MPD sangat berharap dalam waktu dekat adanya kebijakan terhadap belajar tatap muka dengan catatan berbagai pihak yang terlibat wajib mendisiplinkan diri untuk melakukan prokes covid 19 dengan sungguh sungguh.


Menurutnya, masyarakat terutama kaum orang tua melihat kondisi diluar seperti pasar, pusat perbelanjaan dan lain sebagainya tidak ditutup dan masih ada anak yang tidak diberikan masker “Tetapi kenapa malah sekolah ditutup sampai sekarang dengan alasan Covid.”

Untuk itu, MPD berencana akan mengeluarkan rekomendasi pembelajaran tatap muka setelah melihat dan meninjau melalui kegiatan Saweu Sikula ini. (byy)