Tahun 2023 Penerimaan CPNS Capai 500 Ribu Lebih

Minggu, 04 Desember 2022 14:02

Total berita dikunjungi: 183

Tahun 2023 Penerimaan CPNS Capai 500 Ribu Lebih MenPan RB Azwar Anas. Foto ist

Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Annas memastikan bahwa pemerintah akan memfokuskan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada sektor pendidikan dan kesehatan di 2023. Ia mengatakan total yang diterima mencapai lima ratus ribu lebih dalam penerimaan CPNS kali ini. "Jadi 500 ribu lebih," kata Azwar saat ditemui di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Sebelumnya, pemerintah memang memastikan bahwa mereka akan memprioritaskan tenaga kesehatan dan pendidikan sebagai aparatur sipil negara pada penerimaan instansi pemerintah tahun 2023. Hal itu berdasarkan keputusan rapat koordinasi Rencana Pengadaan ASN yang digelar di Jakarta bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim Rabu (30/11/2022) lalu.

Azwar mengaku, pemerintah juga tengah memikirkan nasib para honorer yang kini belum mendapat penempatan. Sebagai catatan, sejumlah guru honorer yang sudah lulus seleksi PPPK sempat mengeluh ke pemerintah karena mereka belum bertugas akibat belum ada penempatan.

Ia mengaku pemerintah sudah mulai mengkaji opsi apa yang diambil. Namun, Azwar mengaku masih ada peluang para honorer yang belum penempatan untuk diterima semua. "Ada beberapa opsi ide. Terima semua, diberhentikan semua atau diterima secara bertahap," kata Azwar. (Cnn Indonesia)