Tiga Objek Wisata Favorit di Banda Aceh

Senin, 11 Desember 2023 00:38

Total berita dikunjungi: 190

Tiga Objek Wisata Favorit di Banda Aceh Wisatawan di Mesjid Raya Baiturrahman. foto Saiful

Banda Aceh - Salah satu hal yang tidak lepas dari ingatan ketika orang mendengar tentang Banda Aceh adalah Objek Wisatanya, baik wisata reliji, wisata kuliner nya dan juga beberapa jenis wisata lainnya. Namun, ada  beberapa tempat wisata di Banda Aceh ini menyimpan sejarah yang sangat panjang dan tak lekang oleh waktu. Ada banyak sekali tempat wisata di Banda Aceh yang merupakan bangunan museum dan monumen.

Selain destinasi wisata berupa bangunan, beberapa tempat wisata di Banda Aceh juga merupakan jenis wisata alam. Akses dan lokasi dari wisata alam ini pun tidak jauh dari pusat kota, sehingga sangat mudah untuk dikunjungi.

Menurut pelaku wisata di Banda Aceh, ada beberapa tempat wisata di Banda Aceh yang sangat  di favorit kan oleh para wisatawan :

1. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman ini adalah ikon utama dari Banda Aceh. Letak dari masjid ini ada di pusat kota Provinsi Aceh. Selain menjadi tempat ibadah bagi umat muslim, masjid ini merupakan saksi bisu dari perlawanan masyarakat Aceh terhadap para penjajah serta sebuah symbol dari masa kejayaan kesultanan Aceh.

Masjid Raya Baiturrahman ini dibangun pada tahun 1612 dan menjadi benteng pertempuran untuk masyarakat Aceh dalam melawan penjajah Belanda. Namun bangunan masjid yang pertama kali dibangun sempat hancur pada tahun 1879.

Pada tahun 2004, masjid ini menjadi salah satu bangunan yang masih kokoh berdiri walau diterjang tsunami yang sangat hebat pada waktu itu, dan masih bertahan hingga sekarang.

2. Museum Tsunami


Peristiwa tsunami diabadikan dalam Museum Tsunami Aceh sekaligus sebagai sarana edukasi dan tempat perlindungan bahaya bencana alam.

Sempat disinggung pada poin pertama jika tahun 2004 Aceh diterpa gelombang besar tsunami. Dibangunnya Museum Tsunami ini merupakan sebuah penghormatan dan sebagai monumen untuk memperingati bencana tsunami yang melanda Aceh.

Saat berkunjung ke museum ini, pengunjung bisa merasakan suasana mencekam saat gemuruh gelombang besar tsunami mulai menuju ke pemukiman. Museum ini memiliki empat lantai yang setiap lantainya dipajang foto-foto keadaan pasca-tsunami, daftar nama korban juga terpapmpang jelas di dinding.

Lokasi dari Museum Tsunami ini sangat dekat sekali dengan lokasi Masjid Besar Aceh atau Masjid Raya Baiturrahman Aceh. Jarak dari masjid ke museum hanya sekitar 700 meter atau hanya membutuhkan waktu sekitar dua menit untuk mencapai museum ini dari Masjid Raya Baiturrahman.

3. Kapal PLTD Apung 


Salah satu jejak dahsyatnya tsunami yang menimpa Aceh pada tahun 2004 lalu masih bisa dilihat dengan jelas melalui monumen PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) Apung 1. Bayangkan saja, kapal apung PLTD dengan berat 2.600 ton ini terseret ombak tsunami dari wilayah perairan Ulee Lheue yang memiliki jarak sejauh lima kilometer hingga akhirnya terdampar di pusat Kota Banda Aceh.

Tiga objek tersebut menjadi yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. (byy)