USK luluskan 16 Dokter Spesialis

Senin, 16 Mei 2022 10:56

Total berita dikunjungi: 40

USK luluskan 16 Dokter Spesialis Prosesi pelantikan Dokter Spesialis oleh Dekan fakultas Kedokteran USK Prof. Dr Maimun Syukri, Sp. Pd. Foto Humas Usk

Banda Aceh - Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (FK USK) melaksanakan yudisium magister dan pelantikan dokter spesialis di Aula FK USK. Prosesi tersebut berlangsung secara luring dan daring, yang dihadiri oleh Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan dan Dekan FK USK, Prof. Dr. Maimun Syukri Sp.PD (K). (Banda Aceh, 26 April  2022).

Pada kesempatan tersebut, USK mencatatkan prestasi yang membanggakan dengan keberhasilan meluluskan 16 Dokter Spesialis baru.  Dengan rincian 5 orang Ilmu Bedah, 1 orang Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan, 2 orang Ilmu Kesehatan Anak, 1 orang Neurologi, 2 orang THT-KL, 3 orang Anestesiologi dan Reanimasi, 1 orang Ilmu Penyakit Dalam, serta 1 orang Ilmu Jantung dan Pembuluh Darah. Selain dokter spesialis, FK USK juga meluluskan 2 orang Magister Kesehatan Masyarakat.

"Berterimakasihlah pada orang terdekat, ayah, ibu, istri, anak. Keluarga besar serta sahabat. Saya mengucapkan selamat atas capaian saudara. Jagalah almamater dimanapun berada," pesan Prof Maimun Syukri.

Dekan FK menyebutkan, pada pelantikan dokter spesialis kali ini, FK USK mencatatkan sejarah keberhasilan meluluskan dokter spesialis Ilmu Jantung dan Pembuluh Darah (Kardiologi) atas nama Lyra Febriana. Disampaikan Prof Maimun Syukri, yang bersangkutan telah melewati perjuangan yang patut diapresiasi, lulus setelah menempuh proses pendidikan spesialis dalam waktu empat tahun.

Alhamdulillah tak terasa FK USK akhirnya meluluskan seorang dokter spesialis Kardiologi perdana. Semoga akan banyak spesialis Kardiologi yang lahir dari sini. Amin, ucapnya.

Selain itu, ia menyampaikan, transformasi USK ke PTN BH yang sedang menunggu SK dari Presiden, nantinya akan memudahkan pihaknya dalam membuka  beberapa prodi baru yang sedang dipersiapkan. Menurut Prof Maimun, status PTN BH lebih leluasa, sebab prosesnya tidak sepanjang PTN BLU.

Kemudian, Prof. Maimun memastikan tahun ini FK USK sudah bisa menerima kuota maksimal, yaitu 250 mahasiswa baru karena telah memenuhi syarat dan ketentuan dari Kemendikbudristek.

Sementara itu, Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan dalam sambutannya secara daring menyampaikan rasa bangga dan selamat kepada para lulusan. Kepada lulusan yang kembali hendak melanjutkan pendidikannya, USK selalu terbuka menerima. USK telah memiliki Prodi S3 Ilmu Kedokteran.

Saya mengucapkan selamat kepada semua lulusan. Yang paling spesial tentu sejarah FK USK meluluskan dokter spesialis Kardiologi perdana. Kepada lulusan, semoga ilmu yang anda peroleh bermanfaat kepada masyarakat luas, ucap Prof Marwan.

Rektor berharap, para dokter spesialis lulusan FK USK bisa terjun ke berbagai lapisan masyarakat. Terutama mengabdi di daerah terpencil. Ia memandang perlunya sebaran yang merata dokter spesialis di berbagai kabupaten/kota, terutama daerah terpencil. Karena selama ini, dokter spesialis dominan berada di perkotaan. Tak lupa, dirinya menginggatkan agar lulusan punya kemampuan berkomunikasi yang baik.

Terus tingkatkan kemampuan komunikasi, ini penting dan akan menunjang pelayanan bagi masyarakat. Lulusan FK USK harus punya kemampuan komunikasi yang baik. Kemudian, jaga integritas. Kita tidak ingin lulusan FK USK ada malprakterk, pesan Rektor. (Humas USK)